Beberapa Film Luar Angkasa Terbaik Sepanjang Masa

Para sineas memang kerap membuat tontonan-tontonan yang penuh imajinasi. Kita yang menonton akan dibuat seperti merasakan apa yang dialami oleh para aktor dalam film tersebut. Semisal film sci-fi atau fiksi ilmiah mengenai petualangan ke luar angkasa. Ini bagaikan menjual mimpi yang mampu disalurkan oleh para sineas lewat tayangan berdurasi ciptaannya.

Tak jarang, film kosmik yang menceritakan perjalanan ke luar angkasa membuat sebagian orang bingung dengan alur cerita yang dibentuk karena dipenuhi penjelasan ilmiah yang belum tentu dipahami. Meskipun demikian, banyak orang yang lebih memilih untuk terpukau pada sinematografinya.

Beberapa judul film luar angkasa terbaik sepanjang masa produksi hollywood dapat membawa Anda seperti merasakan petualangan di luar angkasa. Berikut telah Oliswel rangkum beberapa daftar judulnya yang bisa Anda tonton sendiri. Ada yang diproduksi pada tahun 90-an hingga satu dekade setelahnya.

1. INTERSTELLAR (2014)

Interstellar (2014) Film Luar Angkasa Terbaik

Pertama, ada film menjelajah luar angkasa yakni Interstellar yang dibesut oleh Christoper Nolan dan dibintangi oleh Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, dan Michael Caine. Interstellar mengisahkan keadaan bumi di masa depan yang mengalami kehancuran. Masyarakat butuh tempat tinggal baru selain bumi. Berdasarkan kekhawatiran tersebut, dimulailah sebuah misi untuk melakukan ekspedisi luar angkasa.

Bumi yang terancam punah menjadi pikiran utama yang harus ditemukan solusinya. Satu-satunya harapan manusia ialah menemukan planet lain untuk dihuni. Sebuah lubang cacing (wormhole) terbuka, sekelompok ilmuwan dan penjelajah harus melakukan perjalanan menembus batas terjauh dari pemahaman ilmiah manusia menuju sebuah dimensi lain.

Bagi Anda yang tidak banyak memahami ilmu atau teori-teori yang mendukung jalan cerita dalam film hollywood luar angkasa berjudul Interstellar, ada baiknya untuk melupakan sisi tersebut. Tidak tersentuhnya aspek keilmuan yang membalut film luar angkasa terbaik sepanjang sejarah ini masih bisa memuaskan Anda dengan menyaksikan segi visual yang indah serta dicampuri oleh drama keluarga yang cukup menyentuh antara hubungan anak dan ayahnya.

2. GRAVITY (2013)

Gravity (2013)

Gravity merupakan salah satu film sci fi luar angkasa terpopuler yang dirilis pada 4 Oktober 2013 di Amerika yang sukses mengumpulkan 10 nominasi Oscars dan memenangkan 7 kategori. Pemeran utama dalam film ini dimainkan oleh Sandra Bullock dan George Clooney. Berangkat dari tema space-survival, Gravity menghasilkan tontonan yang menarik berbalut unsur thriller yang cukup menegangkan.

Gravity mengisahkan dua orang astronot bernama Dr. Ryan Stone yang berlatar belakang sebagai seorang insinyur medis dan mekanik mesin yang menjalani misi luar angkasa pertamanya. Ditemani oleh Matt Kowalski, seorang astronot berpengalaman yang menjalankan misi terakhirnya menggunakan pesawat ulang alik milik NASA.

Ketika melakukan spacewalk atau berjalan di luar angkasa, sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Pesawat ulang alik yang membawa mereka hancur terkena bagian dari sebuah satelit yang lepas. Mau tidak mau, mereka harus berada di luar bumi dalam keadaan udara terbatas. Tanpa bisa berkomunikasi dengan bumi, mereka harus kompak untuk bisa bertahan hidup di tempat gelap berlapiskan sunyi tersebut.

3. MOON (2009)

Pada tanggal 17 Juli 2009, di Inggris tayang film Moon hasil kerja sama Liberty Films UK, Limelight Fund, dan Xingu Films yang memiliki durasi tayang selama 97 menit. Dengan mengandalkan Duncan Jones sebagai sang sutradara sekaligus penulis skenario ditemani oleh Nathan Parker, film Moon mendapat kesuksesan besar sehingga film luar angkasa terpopuler yang satu ini selalu eksis sepanjang masa.

Moon menampilkan kegiatan seorang astronot bernama Sam Bell yang diperankan oleh Sam Rockwell. Bell yang bekerja di Lunar Industries sedang melakukan penambahangan mineral di bulan selama tiga tahun. Selama masa kerjanya, Bell hanya ditemani oleh robot cerdas bernama GERTY. Waktu kerja Bell yang hanya menghitung hari menjadi momen paling ditunggu olehnya karena telah lama tidak pernah berkomunikasi apalagi melihat secara langsung sang istri yang sedang hamil dan anak tercintanya.

Hingga pada sebuah inspeksi rutin di permukaan bulan, Bell mengalami sakit kepala yang menimbulkan gangguan halusinasi sehingga menyebabkan kecelakaan fatal yang membuat Bell tak sadarkan diri. Kemudian, Bell yang dalam keadaan setengah sadar merasakan sebuah kejanggalan karena bertemu dengan versi muda dari dirinya. Kejadian tersebut membuat Bell harus memecahkan misteri tersebut dengan waktu yang tersisa agar tak lagi terikat dalam lingkaran pekerjaan yang tak ada habisnya.

4. CONTACT (1997)

Contact (1997)

Contact merupakan film yang diangkat dari novel Carl Sagan tahun 1985. Film box office ini menyatukan genre Drama, Mystery, dan Sci-Fi ini banyak mengundang perhatian para pecinta film di antero dunia. Bintang utama dalam film ini adalah perempuan bernama Ellie Arroway yang sejak kecil mencintai ilmu astronomi dan pemuda bernama Palmer Joss, seorang penulis terkenal yang ahli di bidang teologi.

Mereka berdua terlibat dalam sebuah program satelit bernama SETI untuk mengetahui kehidupan di luar angkasa. Program tersebut sempat macet dikarenakan sumbangan dana dari David Drumlin diputus. Drumlin menganggap program proyek yang selama ini dikerjakan oleh Ellie hanya membuang waktu dan uang.

Ellie yang berkeyakinan akan adanya keberadaan asing di semesta jauh tak patah arang. Sampai suatu waktu komputer Ellie menangkap sinyal yang dikirim oleh kehidupan asing. Sinyal tersebut berasal dari bintang Vega dengan jarak 26 tahun cahaya dari bumi yang kemudian dikonversi menjadi bentuk rancangan pesawat. Dari sinilah Ellie dan Palmer yang berbeda pandangan memulai pencarian akan satu hal yang disebut sebagai “jalan kebenaran”.

5. SOLARIS (2002)

Solaris (2002)

Aktor kawakan berparas tampan, George Clooney, menjadi pemeran utama dalam film berlatar luar angkasa terbaik besutan Steven Soderbergh ini. Dengan mengangkat genre drama sci-fi, Solaris yang rilis pada 27 November 2001 di Amerika Serikat ini mengikuti alur cerita yang terdapat pada novel karangan Staisnlaw Lem dengan durasi tayang hampir 100 menit.

Film misteri luar angkasa bertitel Solaris mengisahkan Dr. Chris Kelvin, seorang ahli psikologi luar angkasa yang mendatangi planet Solaris untuk membongkar misteri yang disimpan oleh planet tersebut. Di mana banyak penghuninya yang hilang dan bunuh diri. Sampai datang kabar yang membuat Kelvin begitu terpukul ketika mendengarnya, dirinya menyimpulkan bahwa keganjilan yang banyak terjadi di planet Solaris tersebut diakabatkan oleh planet itu sendiri.

6. 2001: A SPACE ODYSSEY (1968)

Dengan rating yang tinggi di situs IMDb, tentu 2001: A Space Odyssey menjadi film fiksi ilmiah luar angkasa yang pastinya disukai banyak orang. Diproduseri dan disutradarai oleh sineas ternama, Stanley Kubrick, film luar angkasa terbaik yang satu ini mendapatkan banyak acungan jempol sekaligus perbincangan yang seakan tak ada habisnya.

2001: A Space Odyssey mencoba memberi gambaran pengisahan asal-muasal manusia atau filosofi kehidupan manusia yang dimulai sejak zaman purba. 2001: A Space Oddysey dibagi ke dalam 4 bagian cerita yang meliputi The Dawn of Man, TMA-1, Jupiter Mission, dan Jupiter and Beyond the Infinite. Setiap pergantian ceritanya, Anda akan banyak mengernyitkan dahi karena film ini seperti berjalan tanpa plot yang mudah dipahami.

Film barat luar angkasa ciptaan Kubrick akan membuat banyak orang sulit menangkap maksud ataupun makna yang ingin disampaikan olehnya lewat film ini. Karena memang nampaknya 2001: A Space Odyssey dibuat murni untuk tujuan seni. Di dalamnya terdapat enigma dan teka-teki, dipenuhi oleh ambiguitas yang tidak terselesaikan. Mengetahui betapa absurd-nya film yang satu ini, apakah Anda berani menontonnya?

7. ARMAGEDDON (1998)

Armageddon (1998)

Armageddon yang terbit pada 1 July 1998 di Amerika Serikat ini merupakan film luar angkasa yang bagus dengan genre Action, Adventure, dan Sci-Fi. Bergerak di bawah arahan Michael Bay, didukung dengan para aktor yang begitu mendalami perannya menjadi Armageddon sulit untuk tidak tertarik dengannya.

Armageddon sendiri mengisahkan bumi yang hampir tamat riwayatnya setelah mengetahui adanya asteroid dengan ukuran yang cukup untuk menghancurkan bumi siap datang menghantam. Harry S. Stamper bersama ketiga 13 rekannya memperoleh tugas dari NASA untuk menanam nuklir untuk meledakan asteroid tersebut sehingga pecahannya mengalami perubahan arah dan tidak mengenai bumi. Hanya dengan pelatihan menjadi astronot dalam 12 hari, berhasilkah mereka mencegah bumi dari kehancuran besar? Anda bisa mengetahuinya dengan melihat langsung film action luar angkasa ini.

8. SUNSHINE (2007)

Sunshine (2007)

Dalam film astronot luar angkasa berjudul Sunshine, Danny Boyle seakan mencoba menimbulkan bayangan menakutkan tentang punahnya kehidupan di bumi dikarenakan matahari yang sekarat. Pernahkah Anda bayangkan apa yang bakal bumi alami ketika matahari tidak bersinar lagi, alias sekarat? Hematnya, hal tersebut yang ingin Danny sampaikan lewat film Sunshine ini.

Kisahnya bermula dengan kondisi matahari yang sedang sekarat sehingga bumi dilanda kegelapan disertai suhu dingin yang cukup untuk membunuh setiap manusia secara perlahan. Untuk mencegahnya, tim yang terdiri dari delapan orang astronot mendapatkan misi berat. Mereka harus melontarkan sejenis bom untuk menghasilkan supernova dengan harapan agar matahari bisa kembali berfungsi seperti semula untuk mempertahankan eksistensi manusia di muka bumi.

9. WALL-E (2008)

Wall-E (2008)

Bisa dikatakan kalau Wall-E menjadi salah satu film animasi produksi Pixar terbaik. Dirilis pada 13 Agustus 2008 lalu di Indonesia, Wall-E mendapat sambutan hangat dari penggemar film sci-fi dan drama di berbagai penjuru kota. Film yang dikepalai oleh Andrew Stanton juga termasuk film luar angkasa terbaik yang menampilkan animasi dengan rating paling tinggi.

Wall-E menceritakan kehidupan manusia pada tahun 2805 dimana bumi sudah tidak layak dihuni karena hampir seluruhnya diisi oleh sampah-sampah. Manusia tinggal di pesawat luar angkasa bernama Axiom selama beratus-ratus tahun dengan dimanjakan oleh teknologi canggih.

Wall-E dalam film animasi luar angkasa ini sendiri merupakan nama robot luar angkasa pengangkut sampah di bumi yang kemudian menjalani petualangan luar biasa yang bisa mengubah nasib dan takdir seluruh umat manusia. Petualangannya berawal sejak EVE, robot probe yang ditugaskan mencari tanaman diturunkan ke bumi yang kemudian diikuti dengan adegan peperangan seru dan berlanjut ke hubungan romantis antar Wall-E dan EVE.

10. APOLLO 13 (1995)

Apollo 13 (1995)

Apollo 13 merupakan film dokudrama Amerika Serikat yang rilis pada tahun 1995 berdasarkan arahan sutradara Ron Howard dan penulis naskah William Broyles Jr. ditemani oleh Al Reinert. Cerita pada Apollo 13 diadaptasi dari buku Lost Moon: The Perilous Voyage of Apollo 13 yang ditulis oleh Jim Lovell dan Jeffrey Kluger yang menjadi kru dari Apollo 13.

Aktor yang membintangi film Apollo 13 adalah Tom Hanks, Bill Paxton, dan Kevin Balcon. Cerita didasari pada peristiwa Apollo 13 yang menjalankan misi menuju bulan. Ketiga astronot yang mengetahui bahwa segala sesuatu berjalan sesuai rencana setelah mereka meninggalkan orbit bumi kemudian mendapati masalah yang tak diharapkan. Tangki oksigen meledak sehingga pendaratan di bulan pun harus dibatalkan (success failure).

11. MISSION TO MARS (2000)

Mission To Mars (2000)

Berikutnya ada Mission to Mars, sebuah film sci-fi bercampur drama yang rilis pada tahun 2000. Sutradara film luar angkasa terbaik sepanjang masa ini adalah Brian De Palma ditemani oleh Lowell Cannon dan Jim Thomas sebagai penulis sekanarionya. Bintang yang memerankan karakter astronot dalam film ini adalah Gary Sinise, Tim Robbins, Don Cheadle, Connie Nielsen, dan beberapa nama lain.

Mission to Mars memulai cerita dari kondisi bumi yang semakin dipadati oleh manusia karena mengalami peningkatan populasi. Pihak NASA memutuskan untuk menjalankan misi berawak menuju planet merah Mars dengan harapan manusia dapat mendiami tempat tersebut. NASA kemudian membentuk tim yang terdiri dari 4 awak berpengalaman yang dipimpin oleh komandan Luke Graham.

Perjalanan awal mereka berjalan mulus hingga menapaki Mars. Sampai kemudian datang nampak sesuatu yang belum pernah terlacak oleh NASA. Tiba-tiba mereka berempat ditimpa bencana yang membuat NASA panik dan harus membuat tim baru untuk menyelamatkan keempat awak yang terebak di Mars tersebut.

12. STAR TREK: INTO DARKNESS (2009)

Star Trek: Into Darkness (2009)

Star Trek: Into Darkness merupakan sekuel lanjutan dari film yang berjudul Star Trek dengan cerita mengikuti sekelompok orang yang melakukan petualangan ke luar angkasa. Cerita dibuka oleh Spock yang mendapat perintah untuk membekukan lahar gunung vulkanik yang akan meletus di planet Nibiru.

Film Star Trek menyuguhkan kecanggihan teknologi di masa modern yang dapat menghibur mata Anda. Dibekali dengan isi cerita mengenai petualangan luar angkasa yang mengesankan, Star Trek disebut-sebut sebagai film luar angkasa terbaik yang paling menarik untuk disaksikan. JJ Abrams sekali sutradara dan produser mengemas cerita agar mudah dipahami oleh siapapun, termasuk mereka ataupun Anda yang baru pertama kali mengenal dunia Star Trek.

13. THE MARTIAN (2015)

The Martian (2015)

Belum lama ini, ada film sci-fi yang menawarkan cerita untuk memberikan ungkapan mengenai keberanian yang luar biasa. The Martian yang diangkat dari novel laris berjudul sama karya Andy Weir ini melibatkan Matt Damon sebagai pemeran utama yang memainkan karakter astronot bernama Mark Watney.

The Martian mengisahkan seorang astronot bernama Mark Watney yang terdampar sendirian di Mars. Bukan tanpa alasan, Mark yang menemukan dirinya terdampar sendirian di planet tetangga Bumi tersebut ditinggalkan oleh rekannya karena diduga tewas akibat peristiwa badai yang menimpa.

Mark yang tinggal sendiri di Mars harus bertahan hidup dengan persediaan makanan yang tidak banyak. Untuk bisa bertahan hidup di planet tersebut, Mark harus memanfaatkan kecerdasan dan kecerdikannya. Bahkan, semangat juga diperlukan agar dia bisa mengirimkan sinyal ke Bumi sebagai tanda bahwa dia masih hidup.

14. STAR WARS

Star Wars

Star Wars menjadi suguhan berlapis yang membawa tema perjuangan semesta yang bersifat abadi antara kebajikan dan kejahatan. Film fiksi ilmiah dari Amerika Serikat ini disutradarai oleh George Lucas. Hingga saat ulasan ini diterbitkan, setidaknya sudah ada tujuh seri atau episode film Star Wars, yakni The Pantom Menace (1999), Attach of the Clones (2002), Revenge of the Sith (2005), A New Hope (1977), The Empire Strikes Back (1980), Return of the Jedi (1983), dan The Force Awakens (2015).

Rencananya, Star Wars akan dilanjutkan dengan Episode VIII: Rise of The Jedi yang terbit pada tahun 2017. Film yang menggambarkan sebuah keseimbangan kekuatan secara jahat atau baik bernama “The Force” ini menjadi tontonan yang diprediksi tidak akan pernah kehabisan penonton. Salah satu kesuksesan terbesar dari film yang bertemakan luar angkasa Star Wars diraih oleh Star Wars: The Force Awakens yang berhasil menyabet banyak piala kategori Breakthrough Perfomance, Best Villain, dan Prestisius Movie of The Year pada acara penghargaan MTV Movie Awards 2016 yang digelar di Warner Bros Studio di Burbank, California pada 9 April 2016.

15. DEEP IMPACT (1998)

Deep Impact (1998)

Deep Impact seakan berjalan pada ide cerita yang sama dengan Armageddon yang kebetulan terbit juga pada tahun 1998. Kisah menegangkan hasil asuhan Mimi Leder ini dibintangi oleh Robert Duvall, Tea Lioni, dan Morgan Freeman yang menjadi pemenang di Blockbuster Entertainment Awards 1999 pada kategori aktor dan aktris favorit. Serta Elijah Wood yang memperoleh penghargaan dalam kategori artis pendukung favorit dalam film ini.

Deep Imapact bercerita tentang perjalanan misi sebuah tim astronot yang dikirim oleh NASA untuk menghancurkan komet yang bergerak mengarah ke bumi. Komet tersebut harus diledakkan oleh mereka, sementara Presiden Beck yang diperankan oleh Morgan Freeman meminta untuk segera dibuat gua yang dapat mengamankan seratus juta orang dari kepunahan.

16. ALIEN (1979)

Alien (1979)

Ridley Scott, seorang sineas yang terkenal dan sudah lama mendalami dunia perfilman menjadi produser film luar angkasa terlaris ini. Dengan membawa beberapa nama aktor terkenal seperti Tom Skerritt, Sigourney Weaver, Veronica Cartwright, dan Harry Dean Santon, film Alien besutannya ini semakin menarik untuk disimak disamping ceritanya yang juga tak kalah seru.

Film tentang luar angkasa dan alien yang satu ini mengisahkan sebuah tim yang berada di bawah pimpinan Dallas tengah menjalankan tugas membawa mineral dari luar angkasa menuju ke bumi. Dalam perjalanan pulangnya, mereka mendapatkan sinyal buruk yang disebut SOS dari suatu tempat di luar angkasa. Dallas kemudian memutuskan untuk mendatangi sinyal tersebut yang ternyata bersumber dari sebuah asteroid asing.

Dallas bersama timnya mendapat keanehan pada asteroid tersebut. Di mana terlihat semacam pesawat yang terbuat dari besi yang diketahui umurnya sudah menginjak usia puluhan tahun. Hal ini semakin membuat mereka penasaran dan menyadari bahwa pesawat ruang angkasa yang mereka tumpangi serta keberadaannya tidak sendirian ketika menemukan makhluk luar angkasa yang menjadi penumpang gelap pada pesawat asing tersebut.

17. EVENT HORIZON (1997)

Event Horizon (1997)

Bukan cuma menonjolkan efek visual, tetapi Event Horizon juga menginginkan inovasi dari kebanyakan film bertema luar angkasa terkeren serupa. Event Horizon besutan sutradara Paul W.S. Anderson yang didampingi Philip Eisner sebagai penulis skenario membalut film ini dengan kisah horor yang bisa membuat setiap penonton larut ke dalam situasi yang divisualisasikan.

Event Horizon sendiri merupakan pesawat luar angkasa berukuran raksasa yang diketahui raib dari radar pencarian setelah mengorbit di Neptunus. Beragam cara dilakukan untuk menemukan kembali pesawat tersebut, namun hasilnya nihil selama tujuh tahun pencarian. Sampa-sampai kelompok pencari tersebut mengajak pembuat pesawat Event Horizon untuk membantu pencarian mereka.

Alhasil, pencarian mereka selama ini tidak sia-sia. Event Horizon berhasil ditemukan. Cerita bertambah seru karena mereka mengetahui bahwa Event Horizon yang tampak baik-baik saja tidak menimbulkan tanda-tanda kehidupan setelah hilang. Hingga kemudian mereka memutuskan untuk masuk ke dalam pesawat untuk menelusuri penyebab hilangnya pesawat tersebut. Dan sejak itu, timbul suasana mengerikan yang membuat mereka takut dan bahkan Anda sendiri bisa merasakan situasi mencekam dalam pesawat tersebut.

18. SERENITY (2005)

Serenity (2005)

Urutan terakhir pada list film luar angkasa terbaik versi Oliswel adalah Serenity yang terbit tahun 2015 lalu. Masih membawa genre fiksi ilmiah, Serenity menjadi karya yang tak pernah bosan untuk disaksikan. Film ini berjalan di bawah arahan Joss Whedon sebagai sutradara.

Cerita pada film Serenity dibuka pada tahun 2517 di mana saat itu galaksi terpecah belah. Seorang kapten pemberani bernama Malcolm Reynold yang diperankan oleh Nathan Fillion menyewakan pesawatnya yang bernama Serenity karena membutuhkan uang dalam jumlah yang besar.

Saat dirinya tengah menyewakan pesawatnya, Malcolm tidak menyadari bahwa penumpangnya merupakan sekolompok penjahat yang sedang diburu. Hal tersebut membuat Malcolm khawatir usaha kecilnya tersebut dan bahkan dirinya ikut terjerembab dalam konflik antar galaksi yang sulit terselesaikan. Lantas, apa yang akan dilakukan oleh kapten Reynold? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menonton sendiri film berdurasi 119 menit ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s