KPK Diminta Berani Utuk Di Tetapkan Sebagai Tersangka Dalam Kasus JICT

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sudah mengeluarkan laporan hasil pemeriksaan audit invetigatif kasus Jakarta International Container Terminal (JICT). Hasil ini seharusnya menjadi dasar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menuntaskan kasus tersebut.

Wakil Sekretaris Jendral Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, KPK harus jelas membuat target penanganan perkara, karena melibatkan investor dan bank asing. Apalagi, kata dia kemungkinan besar bukti-bukti dan aliran dana bisa diakali di luar negeri.

“KPK harus berani tetapkan tersangka segera. Ini kasus sudah berjalan dariĀ  tahun 2015 dan hasil audit BPK clear. Jadi terang benderang semuanya,” ujar Andre, Jakarta, Jumat (16/6/2017).

Dia mengungkapkan, dalam LHP audit investigatif BPK menemukan bahwa perpanjangan JICT dilakukan di atas penyimpangan yang saling terkait melibatkan perusahaan asing. Dia menambahkan, perusahaan asing juga terlibat dalam konflik kepentingan karena bertindak sebagai negosiator, arranger dan lender untuk Pelindo II.

“Diduga telah bermufakat jahat dan menguntungkan korporasi mereka, yang telah menyebabkan kerugian keuangan negara sekurangnya Rp 4,08 triliun,” tuturnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s